Home / Umum / Akhirnya Komnas HAM mengakui Rizieq Shihab Bukan Ulama

Akhirnya Komnas HAM mengakui Rizieq Shihab Bukan Ulama

PKSPUYENGAN.COM — Akhirnya Komnas HAM mengakui Rizieq Shihab Bukan Ulama. Karena banyak ulama yang berseberangan dengan pandangan Rizieq, Akhirnya Komnas HAM mengakui Kasus Rizieq Bukan Kriminalisasi Ulama. Perlahan-lahan, semakin banyak pihak yang mengatakan bahwa kasus Rizieq bukan kriminalisasi ulama. Mungkin pada saatnya nanti, hanya Rizieq seorang yang mengatakan bahwa kasus yang menimpa dirinya adalah krimminalisasi ulama. Saya memprediksi para pendukungnya akan semakin muak jika Rizieq tidak segera pulang ke Indonesia.

Komnas HAM yang selama ini mencoba menjadi penghubung Rizieq dengan pemerintah pun telah menyepakati bahwa kasus Rizieq bukanlah kriminalisasi ulama.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan kasus dugaan kriminalisasi terhadap pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab bukan kriminalisasi terhadap ulama.

Komisioner SubKomisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM Muhammad Nurkhoiron mengatakan kasus Rizieq Shihab masih ditangani oleh tim yang dipimpin oleh komisioner lainnya, yakni Natalius Pigai. Pihaknya masih menunggu kesimpulan akhir dari penyelidikan tersebut,saat di temui di Kantor Komnas HAM 16/06/2017

Walaupun demikian, Nurkhoiron mengatakan, kasus Rizieq itu bukanlah kriminalisasi terhadap ulama. “Istilah kriminalisasi itu tak boleh mewakili golongan tertentu,” kata dia. “Kriminalisasi Rizieq itu bukan kriminalisasi ulama, karena banyak ulama yang berseberangan dengan pandangan Rizieq.”

Dia menuturkan kemungkinan hasil penyelidikan itu akan disampaikan pada Juli nanti. Diketahui, Komnas HAM saat ini tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan kriminalisasi terhadap aktivis Islam dan tokoh lainnya macam Rizieq Shihab dan Al Khaththath.

Kemarin, Presidium Alumni 212 meminta Komnas HAM untuk menyampaikan hasil rekomendasi atas penyelidikan mereka terhadap kasus yang disampaikan Presidium tersebut. Namun, lembaga itu masih belum merampungkan penyelidikannya.

Ketika ditanya tentang proses penyelidikan terhadap Rizieq, Nurkhoiron menuturkan dirinya masih belum mengetahui hal tersebut karena belum disampaikan tim yang menangani kasus tersebut.

Diketahui, Rizieq saat ini masih berada di Arab Saudi dan belum mau memenuhi panggilan kepolisian terkait dengan kasus dugaan pornografi yang menjeratnya.

Polda Metro Jaya menetapkan Rizieq sebagai tersangka kasus cakap mesum bersama dengan Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana, Firza Husein. Kepolisian sebelumnya sudah mengajukan Red Notice kepada NCB Interpol Indonesia untuk menangkap Rizieq namun ditolak.

Sebenarnya tak terlalu susah untuk membantah bahwa kasus Rizieq bukanlah kriminalisasi ulama. Secara bahasa, ulama itu adalah jamak dari kata ‘alim. Oleh karena itu, jika memang kriminalisasi ulama, itu artinya tidak hanya Rizieq yang terkena kasus, namun harus ada minimal 3 orang ‘alim yang terkena kasus sehingga pantas jika dikatakan sebagai kriminalisasi ulama. Hal itu pun dengan catatan orang-orang yang terjerat kasus tersebut benar-benar tidak bersalah serta ketiganya memiliki kualifikasi sebagai orang ‘alim.

Sekarang kita telaah kasus yang menimpa Rizieq. Ketika ternyata hanya Rizieq yang terjera kasus, mak tidak tepat kasus Rizieq disebut sebagai kriminalisasi ulama, karena minimal harus ada 3 orang. Selanjutnya, apakah Rizieq sudah masuk kualifikasi sebagai orang ‘alim?

Ulama adalah pewaris para nabi. Apa yang diwariskan? Tidak hanya ajaran agama Islam yang diwariskan, tapi juga perilaku serta karakternya. Orang yang mengajarkan agama Islam namun ternyata secara perilaku dia tidak sesuai dengan Nabi, maka dia tidak pantas disebut sebagai ulama.

+PortalPuyengan
Source:

About Admin PKS Puyengan

Check Also

Jakarta Terpilih Sebagai Kota Paling Intoleran Se Indonesia

PKSPUYENGAN.COM — DKI Jakarta terpilih sebagai kota paling intoleran dari 94 kota di Tanah Air berdasarkan …

One comment

  1. Web buatan org2 puyeng yg stres sama portal pks piyungan…mau menyaingi pks piyungan tp sll gagal..kasihan

Leave a Reply

%d bloggers like this: