Home / Umum / Fakta, Prabowo Subianto adalah Warga Keturunan Cina dan Penganut Agama Kristen

Fakta, Prabowo Subianto adalah Warga Keturunan Cina dan Penganut Agama Kristen

Nama Asli : Soo Ming Tauw (Kanton) atau Soo Mind Doo(Hokian) Nama Indonesia: Prof. Soemitro Djojohadikusumo, Bapak Dari Prabowo Subianto & Hasyim Djojohadikusumo

 

PKSPUYENGAN.COM — Fakta, Prabowo Subianto adalah Warga Keturunan Cina dan Penganut Agama Kristen. Pertama yang perlu diketahui adalah Fakta ini tidak bermaksud mendiskreditkan agama atau suku dan ras tertentu yang ada di Indonesia. Karena saya sendiripun adalah warga keturunan dan menganut agama yang oleh sebagian masyarakat muslim disebut ‘kafir’.

Saya secara pribadi sebenarnya bangga karena masih banyak masyarakat muslim yang menjadikan Bapak Prabowo yang merupakan warga keturunan Tionghoa sebagai idola dan panutan mereka meskipun ayah Prabowo dulunya adalah seorang pemberontak yang berafiliasi dengan kerajaan Belanda dan seorang buronan pemerintah di era Presiden Soekarno kala itu.

Cuma yang saya sesalkan adalah banyak diantara para pendukung Prabowo ini dengan seenaknya mengatakan, Ganyang Cina, Ganyang Kristen, Ganyang kafir dsb. Pertanyaannya, apakah Pak Prabowo, Adiknya dan keluarganya yang merupakan warga keturunan Cina dan beragama Kristen atau kafir perlu diganyang juga??

Oleh sebab itu saya menulis Ini sebagai fakta yang harus kita ketahui tentang silsilah keluarga Prabowo Subianto.

Jangan sampai hak dan kebenaran ini ditutup oleh kebohongan dan kemunafikan. Ini fakta dan bukan rekayasa; bahwa Prabowo berasal dari keluarga Cina – Kristen Protestan.

Ayahnya bernamaProf. Dr. Soemitro Djojohadikusumo yang bernama Asli Soo ming tauw(kanton) atau Soo minh doo(Hokian) menikah dengan Dora Marie Sigar Sumitro Djojohadikusumo, perempuan kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 21 September1921 yang dikenal sebagai penganut Agama kristen yang taat.

Dora Marie pertama kali bertemu Sumitro Djojohadikusumo di sebuah acara mahasiswa Kristen Indonesia di Rotterdam, Belanda. Saat itu ia belajar di sekolah ilmu keperawatan bedah di kota Utrecht, Belanda. (Dan negara Belanda ini pula yang dijadikan Sumitro sebagai pelarian karena terlibat pemberontakan PRRI Permesta tahun 1957. Seperti yang tercatat Belanda adalah penyokong utama gerakan pemberontakan tersebut)

Keduanya menikah pada 7 Januari1946 di Jerman dengan pemberkatan dari pendeta-pendeta di Gereja Jerman. Selama hidupnya, Dora Marie dan Sumitro menjadi penganut agama Kristen yang taat dan rajin ke gereja. Dari pernikahannya, Dora dan Sumitro mempunyai empat anak. Dua perempuan, dua laki-laki. Dua perempuan yaitu Bianti Djiwandono dan Mariani le Maistre dan Laki-laki; Prabowo Subiantodan Hashim S. Djojohadikusumo.

Ada darah Cina yang mengalir ke tubuh Prabowo merupakan fakta yang tidak bisa ditolak. Dan saudaranya dari pihak ibunya, seperti halnya penganut agama Kristen asal Sulawesi Utara.

Semua saudara Prabowo beragama Kristen. Kakak Prabowo sendiri, Bianti Djiwandono, istri mantan Gubernur Bank Indonesia, beragama Kristen Katolik. Prabowo lahir dan dewasa dalam lingkungan dan bimbingan keluarga yang beragama Kristen.

Prabowo baru memeluk Islam ketika melakukan pernikahan politiknya dengan Titiek putri Presiden Soeharto pada Mei 1983. Agar bisa diterima keluarga Soeharto yang beragama Islam, Prabowo terpaksa mengucapkan dua kalimat syahadat. Dari pernikahannya lahirlah Didiet Prabowo.

Agama Didiet putra Prabowo pun hingga kini tidak jelas bahkan putra Prabowo ini dikabarkan sebagai seorang Gay dan pendukung LGBT ini . Didiet menghabiskan sebagian masa sekolahnya di Boston, AS.

Perkawinan Prabowo dan Titiek berakhir perceraian. Namun tidak diketahui secara persis kapan pasangan ini berpisah. Adik Prabowo Hashim dalam Deklarasi Forum Alumni dan Mahasiswa di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu 10 Mei 2014 terang-terangan mengaku ibunya Dora Marie lahir dan meninggal sebagai seorang Kristen Protestant.

Bahkan saat ibunya meninggal pada 23 Desember 2008 Prabowo lah yang memimpin upacara pemakaman di TPU Tanah Kusir di area pemakaman Kristen.
Prabowo bertindak sebagai pendeta yang membaca khotbah untuk mengantarkan jenazah ibunya.

Tidak hanya itu, adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo juga mengaku dia dan adik kandungnya Kristen Protestan, kakak Katolik, keponakan-keponakan yang sangat dekat dengan Prabowo Katolik. Hanya Prabowo yang bergama Islam, dia memeluk Islam karena mau menikah dengan Titiek. Bukan kesadaran dirinya. Prabowo memiliki sekretaris pribadi yang sudah bekerja untuknya 15 tahun yakni seorang Tionghoa dan beragama Kristen.Tiga dokter pribadi Prabowo juga semuanya berdarah Tionghoa, Kristen.

Tapi yang pasti Fakta bahwa semua keluarga Prabowo adalah warga keturunan Cina dan beragama Kristen itu tidak bisa dibantah.

Terakhir, janganlah persoalan politik disangkutpautkan dengan agama, keyakinan dan etnis (pribumi atau non pribumi) yang akan membuat kita Sebagai anak bangsa terpecah belah. Siapapun pemimpinnya asal bersedia mengakui Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 45 sebagai dasar negara layak untuk didukung.

+PortalPuyengan

About Admin PKS Puyengan

Check Also

Mendagri : PNS Yang Jadi Anggota HTI Saya Sarankan Untuk Mundur

PKSPUYENGAN.COM — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pegawai negeri sipil (PNS) yang tergabung dalam …

23 comments

  1. Dunia perpolitikan dinegri ini sudah di obok obok, dengan bermacam isu. dan itu sangat kuat pengaruhnya bagi masyarakat kita. karena memang dari segi pengetahuan umum, tidak banyak dari masyarakat mengerti tentang kebohongan di media masa. yang mereka tau ya…wartawan itu benar. jadilah suatu kesimpangsiuran pendapat…yang satu mengayakan begini, yang lain mengatakan begitu. yang Jelas Prabowo adalah negarawan yang sebenarnya ingin menjadikan negri ini baik….namun..pengikutnya itu ternayta adalah poltikus jalanan. ha ha ha ha …disitulah membeuat citra Prabowo luntur. …yah…itung itung…”TAKA ADA ROTAN, ..AKAR PUN JADILAH”..itulah spekulasi politik Prabowo

  2. Heee selalu berahir dgn kegagaln, awalx²baik tp spertix akan jatu pulah mexusul tmn²x yg seperjuangn. Dan stelah jatu akan lebh rendah dr keadanx smula sampe ia sdar, tp untung saja kl dirix sperti sejak dulu kala. He…

  3. advokatlovepajo

    Klau dari Mukanya Pk Prabowo sy spendapat bahwa dia kturnan cina.
    Tp ya Sudalah, smuanya Tuhan yg Tau

  4. kayaknya portal berita ini tidak dapat dipercayai, apalagi menjual nama PKS kemudian dibuat portal berita online PKSpuyengan (artinya PKS pening)

    • iya mas benar itu kalau prabowo orang cina kenbapa wajah nya tidak mirip dengan wajah ayah dan ibu nya yang orang cina,aneh kan

  5. Ada PKSPUYENGAN ada PKSPIYUNGAN. Kawan, mau percaya yang mana….

  6. TOBAT………………..LAHIR DIINDONESIA……………….MASA KECIL SAYA KETIKA AYAH PRABOWO………….PROF SOEMITRO…….BERTAMU KERUMAH TONY SOEKARNO . IBU CHRISTINE SOEKARNO DIJL LEMBANG NO 10…………MEREKA MAKAN BERSAMA IBU SAYA YG MASAK MEPRSIAPKAN PESTA…………….MEREKA SEMUA SUDAH KEMBALI KEALAM SEMESTA……. THE END OF THE DAY…..PROUD TO BE INDONESIAN FROM BOISE IDAHO USA

    • Spertinya data anda tidak akurat. Klo prabowo punya darah nasrani bnar dr ibunya. Tp klo tionghoa tidak sbab kakeknya margono adalah kturunan bangsawan jawa.
      Dan tolong diralat tntang prtmuan prtama sumitro dgn istrinya itu ngawur saat trjadi prri.
      Masa nikahnya 1946 tp ketemunya 1957. Ngawur…!

  7. Modus baru ini biar kita ada keraguan ke pak Prabowo, sebagai bukti kebohongan berita nikah th 1946 ketemu nya 1957 apa masuk akal sama hal nya habib Rizieq akhir tahun 2016 semua yg berhubungan dg dunia Maya ditahan pemerintah bln Februari 2017 dibilang chat mesum kan aneh sama hal nya berita ini.

  8. Marjohansyah Hidayat

    Spertinya data anda tidak akurat. Klo prabowo punya darah nasrani bnar dr ibunya yang orang Minahasa. Tp klo Tionghoa tidak sbab kakeknya, Margono adalah kturunan bangsawan jawa, jadi Soemitro, Ayah Prabowo adalah Jawa Tulen. Anda menulis karena rasa kebencian anda thd satu pihak, bukan karena tulus untuk menyampaikan data yang benar. Coba anda lihat di Wikipedia, jika anda kesulitan mencari sumber asli.

    • iya benar mas pak kalau pak prabowo keturunan orang bangsawan cina kalau ayah dan ibu nya pak prabowo itu cina pasti pak prabowo muka nya mirip dengan orang tiongha mana mungkin wajah orang indoensia gak masuk akal ini berita hoax dan gak akurat

  9. Marjohansyah Hidayat

    Data anda tidak akurat. Coba baca biodata Ayah Prabowo sebagaimana di bawah ini (Soemitro adalah keturunan bangsawan Jawa):
    Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo (lahir di Kebumen, Jawa Tengah, 29 Mei 1917 – meninggal di Jakarta, 9 Maret 2001 pada umur 83 tahun) adalah salah seorang ekonom Indonesia yang terkenal. Murid-muridnya banyak yang berhasil menjadi menteri pada era Suharto seperti JB Sumarlin, Ali Wardhana, dan Widjojo Nitisastro. Selain itu, Soemitro juga merupakan ayah dari Mantan Danjen Kopassus, Prabowo Subianto, ayah mertua dari mantan Gubernur Bank Indonesia, Soedradjad Djiwandono, dan juga besan dari mantan Presiden Indonesia, Soeharto.

    Soemitro Djojohadikoesoemo

    Menteri Negara Riset Indonesia ke-3
    Masa jabatan
    28 Maret 1973 – 28 Maret 1978
    Presiden Soeharto
    Didahului oleh Suhadi Reksowardojo
    (Kabinet Dwikora III, 1966)
    Digantikan oleh Bacharuddin Jusuf Habibie
    Menteri Keuangan Indonesia ke-8
    Masa jabatan
    3 April 1952 – 30 Juli 1953
    Presiden Soekarno
    Perdana Menteri Wilopo
    Didahului oleh Jusuf Wibisono
    Digantikan oleh Ong Eng Die
    Masa jabatan
    12 Agustus 1955 – 24 Maret 1956
    Presiden Soekarno
    Perdana Menteri Burhanuddin Harahap
    Didahului oleh Ong Eng Die
    Digantikan oleh Jusuf Wibisono
    Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia ke-7
    Masa jabatan
    6 September 1950 – 27 April 1951
    Presiden Soekarno
    Perdana Menteri Mohammad Natsir
    Didahului oleh Tandiono Manu
    Digantikan oleh Sujono Hadinoto
    Masa jabatan
    6 Juni 1968 – 28 Maret 1973
    Presiden Soeharto
    Didahului oleh M. Jusuf
    Digantikan oleh Radius Prawiro
    Informasi pribadi
    Lahir 29 Mei 1917
    Bendera Belanda Kebumen, Jawa Tengah, Hindia Belanda
    Meninggal 9 Maret 2001 (umur 83)
    Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
    Suami/istri Dora Marie Sigar
    Anak Biantiningsih Miderawati Djiwandono
    Marjani Ekowati le Maistre
    Prabowo Subianto
    Hashim Sujono
    Alma mater Universitas Sorbonne
    Agama Islam
    Soemitro adalah anak dari Raden Mas Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank Negara Indonesia dan Ketua DPAS pertama dan anggota BPUPKI.

    Dalam pemerintahan, posisi yang pernah diembannya adalah sebagai Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian dan Menteri Riset atau Menristek saat ini.

    Terakhir disunting 7 bulan yang lalu oleh Akuindo
    Wikipedia

    Konten tersedia di bawah CC BY-SA 3.0 kecuali dinyatakan lain.
    PrivasiTampilan PC

  10. Sama sama bikin berita provokasi

  11. wajah prabowo memang mirip china, ibunya kan turunan belanda jg..jdi wajah chinanya agak indo..dia agak gelap kulitnya karena mantan tentara

  12. https://id.wikipedia.org/wiki/Prabowo_Subianto
    yu baca siapa si prabowo itu,, hati hati ada PKI yang ingin adu domba

  13. untuk seluruh rakyat indonesia hati hati sebelum baca.. banyak media yang HOAX..
    https://id.wikipedia.org/wiki/Prabowo_Subianto
    COBA KLIK PRABOWO ITU siapa agar kalian ga salah milih berita,, hati hati PKI Sekarang bangkit,, tujuanya,, untuk mengadu domba,,

  14. Prabowo adalah putra dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo (yang merupakan begawan ekonomi Indonesia) dan Dora Marie Sigar, atau lebih dikenal dengan nama Dora Soemitro. Ia juga merupakan cucu dari Raden Mas Margono Djojohadikusumo, anggota BPUPKI, pendiri Bank Negara Indonesia dan Ketua DPA pertama. Prabowo Subianto dinamai menurut Soebianto Djojohadikoesoemo, pamannya yang gugur dalam Pertempuran Lengkong. Ia memiliki dua kakak perempuan, Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati, dan satu orang adik, Hashim Djojohadikusumo.

    Masa kecilnya banyak dihabiskan di luar negeri. Ia menyelesaikan pendidikan dasar dalam waktu 3 tahun di Victoria Institution, Kuala Lumpur, Sekolah Menengah di Zurich International School, Zurich, pada tahun 1963-1964, SMA di American School, London pada kurun waktu 1964-1967. Pada tahun 1970, barulah ia masuk ke Akademi Militer Nasional, Magelang.

    Prabowo adalah keturunan Panglima Laskar Diponegoro untuk wilayah Gowong (Kedu) yang bernama Raden Tumenggung Kertanegara III. Prabowo juga terhitung sebagai salah seorang keturunan dari Adipati Mrapat, Bupati Kadipaten Banyumas Pertama.Selain itu, garis keturunannya dapat ditilik kembali ke sultan-sultan Mataram.

    Inilah beberapa hal dari banyak hal yang membuat warga Indonesia menyayangi Pak Prabowo. 😊

    NB: Kalau Cerita jangan setengah-setengah

Leave a Reply

%d bloggers like this: