Home / Umum / MANTAN WAMENAG JADI IMAM BESAR MASJID ISTIQLAL

MANTAN WAMENAG JADI IMAM BESAR MASJID ISTIQLAL

Profesor Nazaruddin Umar saat silaturrahmi kepada Ayatullah Jawadi Amuli di Qum Iran

Sebagaimana diketahui, mantan Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar selama ini dikenal sebagai tokoh Moderat dan dekat dengan semua kalangan agama di Indonesia. Sementara itu Ali Mustafa Yaqub dikenal sebagai tokoh membela kelompok Wahabi, yaitu sebuah sekte yang didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahab yang di danai oleh Saudi, dan kelompok itu anti toleran serta suka mengkafir-kafirkan kelompok lain. Ali Mustafa Yaqub yang pernah selama 9 tahun menuntut ilmu di Arab Saudi meskipun dia selalu menolak dicap sebagai tokoh Wahabi di Indonesia.
Fakta mengatakan setelah pergantian ini, media-media radikal dan anti toleran melancarkan serangannya kepada Imam baru Imam masjid Istiqlal ini dengan isu seperti biasanya, bahwa Nasarudin Umar pro Syiah, Liberal dan lain-lain, padahal beliau adalah tokoh agama yang cinta akan kedamaian dan persatuan dalam menjaga stabilitas NKRI.
Padahal beliau telah memiliki misi persatuan yang indah untuk menjaga kenetralan masjid Istiqlal yang menjadi Ikon Negara. Misi tersebut berkaitan dengan citra yang harus terpancar dari Masjid Istiqlal ada tiga poin : Pertama, Masjid Istiqlal harus tetap menyimbolkan negara. “Dengan ciri keislaman moderat, bercorak rahmatan lil alamin,” ungkapnya dikutip oleh Republika.co.id, Jumat (22/1).
Kedua, Masjid Istiqlal dinilainya harus menjadi lambang persatuan dan kesatuan umat Islam. “Sebagai simbol pemersatu umat Islam dari berbagai mahzab,” ucap Nasaruddin.
Pelantikan Profesor Nazaruddin Umar sebagai Imam Basar Masjid Istiqlal
Selain itu, dia mengatakan Masjid Istiqlal juga harus menjadi simbol toleransi antarumat beragama. Hal ini karena ada rumah ibadah agama lain di dekatnya.
Terakhir, Nasaruddin menyebut Masjid Istiqlal perlu menjadi paru-paru spiritual Indonesia. “Kalau hutan itu adalah paru-paru dunia, kita perlu oase dan paru-paru spirutual,” ujar Nasaruddin.
“Saya percaya bahwa saudara akan mampu melaksanakan tugas dan pengabdian sebaik-baiknya serta amanah, guna mengembangkan, membangun, memakmurkan Masjid Istiqlal demi bangsa dan negara,” ujar Menag dalam sambutannya yang juga dihadiri para pejabat Kemenag tersebut.

About abah

Check Also

Akhirnya Komnas HAM mengakui Rizieq Shihab Bukan Ulama

PKSPUYENGAN.COM — Akhirnya Komnas HAM mengakui Rizieq Shihab Bukan Ulama. Karena banyak ulama yang berseberangan …

Leave a Reply

%d bloggers like this: