Home / Umum / Syaikh Ibrahim Zakzaky dalam Penguasaan Tentara dan Mengalami Penyiksaan

Syaikh Ibrahim Zakzaky dalam Penguasaan Tentara dan Mengalami Penyiksaan

Serangan ratusan personil tentara Nigeria ke Masjid Baqiyatullah dan kediaman Syaikh Ibrahim Zakzaky sejak sabtu (12/12) masih berbuntut panjang. Pihak militer Nigeria mengatakan penyebab serangan tersebut dipicu oleh ribuan warga Syiah kota Zaria yang menahan arak-arakan militer yang menuju kota tersebut dengan lemparan bom molotov dan berusaha hendak membunuh Kepala Staff Angkatan Darat, Letnan Jenderal Tukur Yusuf Buratai yang turut berada dalam konvoi tersebut. 

Pihak The Islamic Movement of Nigeria pimpinan Syaikh Ibrahim Zakzaky telah membantah tuduhan tersebut, dengan menyebut gerakan mereka sejak berdirinya menentang keras aksi kekerasan, dan para pengikutnya tidak diperkenankan menyerang siapapun dengan menggunakan senjata, terlebih lagi melawan militer.
Meski tuduhan subversif tersebut tidak terbukti, pihak militer menyerang Masjid Baqiyatullah, membakar dan meratakannya dengan tanah dan menyerang kediaman Syaikh Ibrahim Zakzaky serta menangkapnya. Gugur dalam peristiwa tersebut 1000 lebih warga Syiah kota Zaria yang menjadi tameng hidup bagi Syaikh Ibrahim Zakzaky, mereka menolak ulama besar kharismatik mereka ditangkap terlebih lagi militer berambisi untuk membunuh pemimpin gerakan Islam Nigeria yang kerap mengkritik rezim tersebut.
Disebutkan Syaikh Ibrahim Zakzaky telah ditangkap pihak tentara, namun sampai saat ini kondisi dan nasibnya tidak diketahui. Meski sebagian sumber telah menyebutkan ia telah meninggal dunia setelah sebelumnya disiksa pihak militer, namun berita tersebut belum bisa dikonfirmasi.
Sampai hari ini, komunitas muslim Syiah Nigeria tetap melakukan aksi unjuk rasa menentang dan mengecam keras aksi kekerasan yang dilakukan pihak militer tersebut. Demonstran menuntut kalaupun warga Syiah Zaria telah melakukan kesalahan, harusnya pengadilan dan hukum berperan, bukan dengan melakukan aksi penyerangan bersenjata secara membabibuta yang merenggut nyawa lebih dari seribu warga sipil yang tidak bersalah. 
Sampai saat ini PBB maupun dunia internasional masih bungkam dalam menyikapi tragedi kemanusiaan di Nigeria.[ABNA] 
Berikut dua foto terakhir Syaikh Ibrahim Zakzaky pasca penangkapan oleh militer.

About abah

Check Also

Akhirnya Komnas HAM mengakui Rizieq Shihab Bukan Ulama

PKSPUYENGAN.COM — Akhirnya Komnas HAM mengakui Rizieq Shihab Bukan Ulama. Karena banyak ulama yang berseberangan …

Leave a Reply

%d bloggers like this: